Teknologi Informasi dan Komunikasi

0

Pada kurikulum merdeka khususnya mata pelajaran informatika menekankan kemampuan berfikir komputasi, keterampilan menerapkan pengetahuan informatika, serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara tepat dan bijak sebagai kajian dan alat bantu untuk menghasilkan solusi efisien dan optimal dari permasalahan yang akan dihadapi oleh peserta didik di sekolahnya atau dilingkungannya. Sehingga TIK sebagai tools saling terkait satu sama lain

Pada fase E elemen TIK melingkupi berbagai macam materi yang menitik beratkan kepada integrasi konten aplikasi perkantoran, secara umum, aplikasi perkantoran terbagi menjadi beberapa jenis menurut kegunaan dan fungsinya. Tiga di antaranya yang paling banyak digunakan ialah seperti berikut, 

1. Aplikasi pengolah kata (word processor). 

Aplikasi ini ftur utamanya digunakan untuk membuat dan mengolah dokumen, misalnya membuat surat, menyusun laporan, dan lain-lain. Contoh aplikasi pengolah kata ialah Microsoft Word, Open Ofce Word, Google Docs, dan lain-lain. Untuk layout tampilan dan fungsi dari aplikasi pengolah kata sudah dibahas pada fase D

2. Aplikasi pengolah lembar kerja (spreadsheet). 

Aplikasi ini ftur utamanya digunakan untuk mengelola data yang disajikan dalam bentuk lembar kerja, yaitu tabel dua dimensi yang terdiri atas kolom dan baris fturftur yang tersedia dapat mempermudah perhitungan data dan mengolah data secara statistik, dan dapat menampilkannya dalam bentuk diagram. Contoh aplikasi spreadsheet ialah Microsoft Excel, OpenOffice Spreadsheet, Google Sheet, dan lain lain.

3. Aplikasi pembuat bahan presentasi yang disebut slide. 

Aplikasi ini ftiur utamanya digunakan untuk memudahkan kita untuk membuat slide presentasi dengan mudah dan cepat serta menghasilkan slide yang menarik. Slide presentasi adalah objek yang terdiri atas butir-butir penjelasan, dapat disertai gambar atau ilustrasi lainnya. Contoh perangkat lunak pembuat presentasi ialah Microsoft Office PowerPoint, OpenOffice Presentation, Google Slide, dan lain-lain.

A. Integrasi Konten pada aplikasi perkantoran. 

Mengintegrasikan artinya menyatukan beberapa objek, data, atau komponen untuk membentuk sesuatu yang utuh dan bermakna, walaupun komponennya tadinya terpencar atau tidak ada hubungannya. misalnya, kita harus membuat sebuah laporan berdasarkan pengamatan yang datanya dibuat dan divisualisasi dengan excel. Sebelum laporan lengkap, kita membuat proposal dalam bentuk slides. Saat kita membuat laporan, untuk menghindari mengerjakan hal yang sama (mengetik ulang), kita perlu “membawa” potongan hasil kerja dengan misalkan aplikasi MS Excel, MS Word, dan MS PowerPoint ke dalam aplikasi MS Word karena laporan akhir dibuat dengan MS Word.

● Integrasi word dengan excel

Seringkali, kalian perlu untuk membuat laporan yang mengandung gambar dan diagram (chart). MS Word menyediakan editor gambar tetap terbatas dan tidak direlasikan dengan data. Jika diagram berasal dari data yang diolah dan dibuat dengan MS Excel, kita perlu “memindahkan” diagram yang berasal dari data dan dibuat di MS Excel, menjadi potongan gambar pada MS Word

● Membuat Diagram Pada PowerPoint Dari Excel

Seringkali, kalian perlu untuk membuat laporan yang mengandung gambar dan diagram (chart). MS Word menyediakan editor gambar tetap terbatas dan tidak direlasikan dengan data. Jika diagram berasal dari data yang diolah dan dibuat dengan MS Excel, kita perlu “memindahkan” diagram yang berasal dari data dan dibuat di MS Excel, menjadi potongan gambar pada MS Word. Kalau data berubah, kita harus mengulangi proses yang sama.

B. Object Linking and Embedding (disingkat menjadi OLE) 

adalah sebuah teknologi berorientasi objek yang berbasiskan teknologi Component Object Model (COM) yang menyediakan layanan kepada aplikasi untuk menciptakan dokumen-dokumen yang terdiri dari banyak objek, mulai dari gambar, suara, microsoft word, microsoft excel, hingga dokumen lainnya.

● OLE (Object Linking & Embedding) – Excel dan Word

Ada kalanya, kalian perlu memasukkan data yang telah dibuat pada MS Excel ke suatu laporan yang disusun dengan menggunakan MS Word. Dalam hal ini, data telah ada sehingga tinggal dimasukkan saja. Tentunya, salah satu cara yang paling cepat ialah menggunakan copy-paste biasa. Akan tetapi, dengan cara ini, data akan tersaji secara statis ialah data saat disalin sehingga jika terjadi perubahan pada data sumbernya di Excel, data pada Word tidak berubah. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan fasilitas Object Linking and Embedding (OLE).

● OLE (Object Linking & Embedding) –Excel dan PowerPoint

fitur OLE untuk menghubungkan tabel yang dibuat pada Excel ke slide pada PowerPoint

C. Fitur Lanjut Aplikasi Perkantoran

● Mail Merge

Mail Merge adalah ftur yang dapat kalian gunakan untuk menghasilkan surat, amplop, undangan, dan lain-lain secara berulang, tetapi terdapat beberapa komponen yang berbeda misalnya nama dan alamat yang dituju. Dalam hal ini, kita tidak perlu membuat dokumen sebanyak jumlah nama/tujuannya, tetapi hanya cukup menggunakan satu dokumen Word dan daftar nama/ alamat yang dapat disimpan dalam daftar, basis data, atau spreadsheet.

Fitur mail merge kemudian memiliki banyak fungsi dan kegunaan, fungsinya sendiri adalah untuk:

● Membantu membuat dokumen yang isinya sama dengan sedikit perbedaan pada data seperti nama, alamat, dan sebagainya. Sehingga cocok untuk membantu proses pembuatan surat, sertifikat, amplop, dan lain sebagainya.

● Membantu mempercepat pekerjaan menyiapkan dokumen yang isinya sama namun ditujukan untuk beberapa atau banyak orang (penerima).

Mail merge kemudian menawarkan efisiensi, yang membuat proses pembuatan file dengan isi sama menjadi lebih cepat. Sehingga fitur ini sangat dibutuhkan dan jamak digunakan di berbagai perusahaan. Adapun bagian yang sering bersinggungan dengan fitur ini dimulai dari bagian administrasi, HRD, sekretaris, dan lain sebagainya.

● Daftar Isi

Pernahkah kalian melihat daftar isi sebuah buku? Daftar isi terdiri atas apa saja? andai kata kalian sedang menulis laporan, alangkah susahnya jika harus mengetik judul bab satu per satu, kemudian mencatat nomor halamannya. Belum lagi jika teks berubah sehingga nomor halaman berubah. Adakah solusi ! salah satu fasilitas yang tersedia di Microsoft Word adalah pembuatan Daftar Isi (Table of Content). Fiturnya ada pada salah satu pilihan Reference. 
Daftar isi dibuat dari teks yang diberi style Heading 1, Heading 2, Heading 3, dst.
Jadi, kalian harus menandai judul bab dan subbab yang akan ditampilkan pada daftar isi dengan Style Heading 1, Heading 2, atau Heading 3.
Tampilan tingkat kerincian pada daftar isi dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan 

● Membuat Video Presentasi dengan Slide PowerPoint

Aplikasi presentasi selain dapat membuat file berupa lembar kerja slide dengan versi terbaru memiliki fitur untuk merekam audio dan video yang menyertai presentasi. Fasilitas ini bermanfaat untuk membuat video berupa presentasi yang disertai dengan narasi dan potongan video dari naratornya yang letaknya bisa disudut bawah atau atas. 



Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)
To Top