KI dan KD Matematika SMK

0

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MGMP ACEH BARAT

Bidang Keahlian      : Semua Bidang Keahlian Program

Keahlian                  : Semua Program Keahlian Kompetensi

Keahlian                  : Semua Kompetensi Keahlian

Mata Pelajaran        : Matematika (A)

Jam Pelajaran          : 424 JP (@ 45 Menit)


Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Matematika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Matematika. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. 

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

3.1 Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma dalam menyelesaikan masalah Berkaitan dengan Q.S Al-Baqarah : 261

4.1 Menyajikan penyelesaian masalah bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma

Alokasi Waktu : 16 JP

3.2 Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel Berkaitan dengan Q.S Al Ra’ad: 16

4.2 Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel

Alokasi Waktu : 12 JP

3.3 Menentukan nilai variabel pada sistem persamaan linear dua variabel dalam masalah kontekstual Berkaitan dengan Q.S Ar Rahman : 33

4.3 Menyelesaikan masalah sistem persamaan linier dua variabel

Alokasi Waktu : 12 JP

3.4 Menentukan nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel Berkaitan dengan Q.S Al Mujadalah : 11

4.4 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel

Alokasi Waktu : 12 JP

3.5 Menganalisis barisan dan deret aritmetika Berkaitan dengan Q.S Ash Shaff : 1

4.5 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika

Alokasi Waktu : 8 JP

3.6 Menganalisis barisan dan deret geometri Berkaitan dengan Q.S Ash Shaff : 1

4.6 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri

Alokasi Waktu : 8 JP

3.7 Menganalisis pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas Berkaitan dengan Q.S Thaaahaa : 131

4.7 Menyelesaiakan masalah kontekstual yang berkaitan dengan pertumbuhan, peluruhan, bunga dan

anuitas

Alokasi Waktu : 12 JP

3.8 Menentukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku Berkaitan dengan Q.S As Sajdah : 12

4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku

Alokasi Waktu : 8 JP

3.9 Menentukan nilai sudut berelasi diberbagai kuadran Berkaitan dengan Q.S Al Baqarah: 149 – 150

4.9 Menyelesaikan masalah nilai sudut berelasi diberbagai kuadran

Alokasi Waktu : 8 JP

3.10 Menentukan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya Berkaitan dengan Q.S An Nisa: 36

4.10 Menyelesaikan masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya

Alokasi Waktu : 8 JP

3.11 Menerapkan nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri Berkaitan dengan Q.S Al- Baqarah: 149

4.11 Menyajikan grafik fungsi trigonometri

Alokasi Waktu : 8 JP

3.12 Menerapkan aturan sinus dan kosinus Berkaitan dengan Q.S Al- Baqarah: 149

4.12 Menyelesaikan permasalah kontekstual dengan aturan sinus dan kosinus

Alokasi Waktu : 12 JP

3.13 Menentukan luas segitiga pada trigonometri Berkaitan dengan Q.S Al- Baqarah: 149

4.13 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas segitiga pada trigonometri

Alokasi Waktu : 12 JP

3.14 Menganalisis nilai sudut dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut Berkaitan dengan Q.S Al-

Baqarah: 149

4.14 Menyelesaikan nilai nilai sudut dengan rumus jumlah dan selisih dua sudut

Alokasi Waktu : 8 JP

3.15 Menerapkan operasi matriks dalam menyelesaiakan masalah yang berkaitan dengan matriks Berkaitan dengan QS Ali Imran : 190-191

4.15 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks 

Alokasi Waktu : 12 JP

3.16 Menetukan nilai determinan, invers dan tranpos pada ordo 2 x 2 dan nilai determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3 Berkaitan dengan QS Ar Mursalat : 25-26

4.16 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan determinan, invers dan tranpose pada ordo 2 x 2 serta nilai determinan dan tranpos pada ordo 3 x 3

Alokasi Waktu : 12 JP

3.17 Menentukan nilai besaran vektor pada dimensi dua Berkaitan dengan Q.S Al Furqan : 2

4.17 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai besaran vektor pada dimensi dua 

Alokasi Waktu : 12 JP

3.18 Menentukan nilai besaran vektor pada dimensi tiga Berkaitan dengan Q.S Al Furqan : 2

4.18 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai besaran vektor pada dimensi tiga

Alokasi Waktu : 12 JP

3.19 Menentukan nilai variabel pada persamaan dan fungsi kuadrat Berkaitan dengan Q.S Al - Anam

: 59

4.19 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat

Alokasi Waktu : 20 JP

3.20 Menganalisis operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi Berkaitan dengan Q.S Al Anfal :

65

4.20 Menyelesaikan masalah operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi

Alokasi Waktu : 12 JP

3.21 Menentukan persamaan lingkaran Berkaitan dengan Q.S Al Qamar : 49

4.21 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan lingkaran

Alokasi Waktu : 8 JP

3.22 Menganalisis masalah kontekstual yang berkaitan dengan logika matematika (pernyataan

sederhana, negasi pernyataan sederhana, pernyataan majemuk, negasi pernyataan majemuk dan

penarikan kesimpulan) Berkaitan dengan Q.S Al Hujarat : 6

4.22 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan logika matematika (pernyataan sederhana, negasi pernyataan sederhana, pernyataan majemuk , negasi pernyataan majemuk dan penarikan kesimpulan )

Alokasi Waktu : 16 JP

3.23 Menganalisis titik, garis dan bidang pada geometri dimensi tiga Berkaitan dengan Q.S Al- Ma’arij:40

4.23 Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan jarak antara titik ke titik, titik ke garis dan garis ke bidang pada geometri dimensi tiga

Alokasi Waktu : 16 JP

3.24 Menetukan masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri Berkaitan dengan Q.S Ar-Rad:11

4.24 Menyelesaikan masalah kontekstual kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri

Alokasi Waktu : 16 JP

3.25 Menganalisis kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi pada masalah kontekstual Berkaitan

dengan Q.S Ad-Dukhan: 38

4.25 Menyajikan penyelesaian masalah kontekstual berkaitan dengan kaidah pencacahan, permutasi

dan kombinasi

Alokasi Waktu : 12 JP

3.26 Menentukan peluang kejadian Berkaitan dengan Q.S Al Anbia : 16

4.26 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian

Alokasi Waktu : 8 JP

3.27 Mengevaluasi kajian statistika dalam masalah kontekstual Berkaitan dengan Q.S Al

Anbia : 7

4.27 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kajian statistika

Alokasi Waktu : 12 JP

3.28 Menganalisis ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok Berkaitan dengan Q.S

Az-Zukhruf :80

4.28 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok

Alokasi Waktu : 16 JP

3.29 Menganalisis ukuran penyebaran data tunggal dan data kelompok Berkaitan dengan Q.S Al-Jaatsiyah : 7

4.29 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran penyebaran data tunggal dan data kelompok

Alokasi Waktu : 16 JP

3.30 Menentukan nilai limit fungsi aljabar Berkaitan dengan Q.S Al Mulk : 23

4.30 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar

Alokasi Waktu : 16 JP

3.31 Menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi limit fungsi atau sifat – sifat turunan fungsi serta penerapannya Berkaitan dengan Q.S Al –Anfal :65

4.31 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar

Alokasi Waktu : 20 JP

3.32 Menganalisis keberkaitan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva Berkaitan dengan Q.S Al –Anfal

:66

4.32 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan turunan pertama fungsi aljabar

Alokasi Waktu : 12 JP

3.33 Menentukan nilai integral tak tentu dan tertentu fungsi aljabar Berkaitan dengan Q.S Al – Nur :

9

4.33 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan integraltak tentu dan tertentu fungsi aljabar

16 JP

3.34 Menentukan luas permukaan dan volume benda putar dengan menggunakan integral tertentu

Berkaitan dengan Q.S Al – An’am :62

4.34 Menyelesaikan masalah luas permukaan dan volume benda putar dengan menggunakan integral tertentu

Alokasi Waktu : 16 JP


Tags

Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)
To Top