Modul 3 Pembelajaran Inovatif
Pembahasan Soal Formatif modul 3 KB 1 Pedagogik
STEAM adalah singkatan dari....
a. Science, Technique, Engineering, Art, Manipulation
b. Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics
c. Science, Technology, Engineering, Art, Manipulation
d. Science, Technique, Engineering, Art, Mathematics
Teknik adalah ilmu yang mencakup....
a. desain sistem, peralatan, dan mesin
b. pola-pola sistemik pada organisme
c. inovasi observasi lingkungan
d. bahasa-bahasa alam dan teknologi
Pendekatan pembelajaran STEAM yang mengajarkan pelajaran Matematika dan IPA secara terpisah dalam waktu yang berbeda dikenal sebagai pendekatan ....
a. silo
b. embeded
c. integrated
d. silo-integrated
Pendekatan terbaik untuk menerapkan pembelajaran STEAM pada siswa sekolah dasar adalah....
a. silo
b. embeded
c. integrated
d. silo-embeded
Berikut merupakan salah satu tujuan diperlukannya pembelajaran STEAM, yaitu ....
a. Pekerjaan-pekerjaan terdahulu memerlukan keahlian STEAM
b. Kaum laki-laki lebih ditekankan untuk mempelajari bidang STEAM
c. Indonesia harus melakukan reformasi kultural pada bidang ekonomi
d. Menumbuhkan keterampilan penalaran calon pekerja mendatang
Salah satu cara mendasar agar pembelajaran STEAM dapat diterapkan di sekolah adalah melalui....
a. Keterlibatan pengusaha
b. Dukungan orang tua
c. Perencanaan pembangunan
d. Perencanaan pembelajaran
Berikut ini merupakan contoh prinsip pembelajaran STEAM yang berupa prinsip keaktifan, yaitu ....
a. Peserta didik diperlihatkan contoh dan non contoh
b. Peserta didik diminta berpikir secara induktif
c. Peserta didik disadarkan untuk termotivasi
d. Peserta didik diberikan penghargaan dan medali
Apa suasana dan norma yang dominan berlaku dalam pembelajaran STEAM yang dilakukan dengan model Problem Based Learning dan Project Based Learning....
a. individualistik
b. kompetitif
c. kolaboratif
d. formalistik
Berikut ini merupakan contoh penerapan dari pembelajaran STEAM untuk anak SMA yang tepat ....
a. Peserta didik diminta membedakan perubahan waktu pada jam dinding dari kertas kardus
b. Peserta didik diminta membuat projek identifikasi bentuk geometri melalui alam yang dikunjungi
c. Peserta didik diminta merangkai puzzle dalam penentuan luas dan keliling benda di kelas
d. Peserta didik diminta membuat kebun binantang dari plastisin guna membedakan habitat hewan air dan darat
Di bawah ini yang merupakan salah satu tantangan pembelajaran STEAM yang perlu diatasi yaitu: ....
a. standar pelajaran jelas tertulis di kurikulum nasional Indonesia
b. beragamnya kompetensi abad 21 yang perlu dicapai
c. bidang teknik dan teknologi lebih disukai oleh perempuan
d. dianggap terlambat saat STEAM diterapkan di Sekolah Menengah Atas
Pembahasan Soal Formatif modul 3 KB 2 Pedagogik
Neurosain merupakan ilmu yang mempelajari sistem syaraf otak manusia dan seluruh fungsinya (misalnya pikiran) dengan menggunakan pendekatan ....
a. monodisiplin
b. interdisiplin
c. multidisiplin
d. crossdisiplin
Bagi neurosain, pembelajaran dianggab berhasil mengoptimalkan potensi otak ketika ....
a. seluruh neuron dalam otak dapat saling terhubung satu dengan lainnya
b. sebuah axon pada suatu neuron terhubung dengan dendrit neuron lainnya
c. neuron-neuron yang jarang digunakan menghilang dari syaraf otang
d. mampu menyalakan banyak kelompok-kelompok neuron secara bersamasama.
Emosi positif sangat berpengaruh terhadap keberhasilan belajar peserta didik. Daerah otak yang berfungsi sebagai pusat pengendalian emosi adalah ....
a. batang otak
b. sistem limbik
c. korteks
d. Cerebellum
Semakin tebal lapisan myelin menyelimuti axon akan semakin cepat axon memanggil kembali informasi yang tersimpan di dalam memori. Penebalan meylin pada akson akan terjadi ketika seseorang ....
a. sering menggunakan informasi yang pernah dipelajari
b. mempelajari banyak informasi dengan menyenangkan
c. mempelajari informasi dengan daya konsentrasi yang tinggi
d. mempelajari informasi dengan didukung nutrisi yang baik
Pembelajaran akan optimal bagi otak dalam menyerap dan mengolah informasi, ketika guru setiap 90 menit memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan gerakan peregangan otot dan rilaksasi. Hal ini dikarenakan otak akan mengalami....
a. ketegangan syaraf otak ketika belajar cukup lama
b. kekurangan oksigen jika belajar cukup lama
c. siklus bio-kognitif perhatian yang naik turun
d. tekanan berat jika belajar cukup lama
Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang setelah berusia 30 tahun mengalami kesulitan dalam mengingat kembali informasi yang pernah dipelajarinya, diantaranya yaitu ....
a. perkembangan syaraf neuron terlalu banyak dan pembentukan koneksi mulai krodit
b. perkembangan syaraf neuron mulai menurun dan pembentukan koneksi mulai lambat
c. syaraf sensori yang dimiliki mulai berkurang kepekaannya
d. informasi yang masuk ke dalam register sensori terlalu banyak
Dari sudut pandang Neurosains, stimulasi lingkungan yang kaya dengan rangsangan belajar sangat penting terutama bagi anak usia dini dikarenakan stimulasi lingkungan yang kaya akan ....
a. meningkatkan dan menguatkan jumlah koneksi antar sel neuron
b. meningkatkan dan memperlama semangat dan minat belajar anak
c. membuat anak tidak cepat bosan dalam bermain dan belajar
d. memberikan banyak kesempatan kepada anak untuk berekplorasi
Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan gerakan peregangan otot dan relaksasi otak penting dilakukan pada proses pembelajaran berbasis neurosain, dikarenakan ....
a. saat otak tegang adalah kondisi yang tidak baik bagi otak untuk menghafalkan materi pelajaran
b. gerakan peregangan otot dan relaksasi otak akan membuat peserta didik tetap sehat dan bugar
c. gerakan peregangan otot dan relaksasi otak akan membuat peserta didik tidak bosan mengikuti pembelajaran
d. kondisi relaks dan tenang dapat mengoptimalkan otak mengolah dan merefleksikan materi yang dipelajari
Menurut Jensen (2008), pembelajaran berbasis neurosain dapat dilakukan beberapa tahap, yaitu ....
a. persiapan, akuisisi, formasi memori, elaborasi, dan integrasi fungsional.
b. persiapan, akuisisi, formasi memori, elaborasi, dan perayaan kelas.
c. persiapan, akuisisi, elaborasi, formasi memori, dan integrasi fungsional.
d. persiapan, akuisisi, elaborasi, formasi memori, dan perayaan kelas.
Dalam suatu pembelajaran diketahui sebagian besar peserta didik susah berkonsentrasi mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga pada akhir pembelajaran mereka tidak mampu menguasai materi pembelajaran dengan baik. Hal itu dapat terjadi karena ....
a. peserta didik terlalu banyak memakan makanan
b. hemoglobin dalam darah peserta didik rendah
c. cahaya lampu dalam ruang kelas kurang terang
d. peserta didik kurang banyak meminum air putih
Pembahasan Soal Formatif modul 3 KB 3 Pedagogik
Pembelajaran yang melibatkan penggunaan alat dan teknologi digital secara inovatif selama proses belajar mengajar sering juga disebut sebagai ....
a. distance educatio
b. open learning
c. Pembelajaran Digital
d. mobile learning
Salah satu fungsi yang tercipta melalui jaringan (networking) yang tidak hanya mencakup fasilitas yang sangat dan sering dibutuhkan, seperti printer atau modem, namun juga berkaitan dengan data atau program aplikasi tertentu, adalah .....
a. fungsi caring
b. fungsi sharing
c. fungsi managing
d. fungsi organising
Salah satu prinsip penerapan Pembelajaran Digital yang mendasarkan pada kemampuan peserta didik, pengetahuan sebelumnya (prior knowledge), dan kenyamanan belajar peserta didik, yakni .....
a. prinsip aksesibilitas
b. prinsip penilaian
c. prinsip partisipasi
d. prinsip personalisasi
Di dalam prinsip penerapan Pembelajaran Digital, yakni prinsip penilaian, bagian penting dari penerapan prinsip tersebut dalam Pembelajaran Digital agar terjadi proses evaluasi yang mendalam dan komprehensif adalah ….
a. aksesibilitas
b. reward dan punishment
c. pemantauan dan umpan balik berkelanjutan
d. perangkat keras dan perangkat lunak
Salah satu keuntungan terbesar dari platform Pembelajaran Digital adalah memungkinkan peserta didik untuk bersosialisasi, berkolaborasi, dan berinteraksi dengan sesama peserta didik di web yang disebut juga dengan istilah ….
a. social engagement
b. analisis progres
c. mix approach
d. media sosial
Di dalam pemanfaatan Pembelajaran Digital dimana peserta didik dapat mengakses berbagai referensi, baik yang berupa hasil penelitian, maupun artikel hasil kajian dalam berbagai bidang, disebut dengan ….
a. potensi pembelajaran
b. potensi pendidikan
c. potensi akses informasi
d. potensi alat komunikasi
Salah satu ragam Pembelajaran Digital yang disampaikan (atau didukung) oleh teknologi mobile dalam proses pembelajaran maupun terintegrasi dalam aktivitas pembelajarannya, disbeut juga dengan ….
a. pembelajaran berbasis Cloud Computing
b. pembelajaran berbasis permainan
c. media sosial
d. mobile learning
Game-Based Learning (GBL) berfokus pada permainan yang tujuannya bukan untuk menghibur melainkan untuk tujuan pembelajaran dengan terlebih dahulu mengidentifikasi konteks dan kondisi yang mendukung integrasi dari permainan digital dengan ….
a. lingkungan belajar formal dan informal
b. peserta didik lain secara virtual
c. ketersediaan aplikasi yang dimiliki oleh peserta didik
d. perangkat keras dan perangkat lunak
Cloud Computing merupakan konsep dimana komputasi merupakan sebuah model yang memungkinkan terjadinya penggunaan berbagai macam sumber daya, yakni jaringan, server, media penyimpanan, aplikasi, dan service secara ….
a. terpisah
b. terhubung
c. bersama-sama
d. langsung
Layanan pemyimpanan berkas, dokumen, presentasi, form dan spreadsheet pada layanan software as a service, dimana pengguna tinggal menggunakan aplikasi atau perangkat lunak yang sudah disediakan, disebut juga dengan ….
a. Microsoft
b. Adobe Suite
c. Adobe Creative Cloud
d. Google Drive
Pembahasan Soal Formatif modul 3 KB 4 Pedagogik
Model pembelajaran blended learning merupakan kombinasi antara pembelajaran online dengan pembelajaran konvensional (tatap muka). Definisi ini dikemukakan oleh …
a. Stolovich & Keeps
b. Maasaki Imai
c. Stake & Horn
d. Clark & Mayer
Model pembelajaran blended learning dapat membantu guru dalam mengatasi permasalahan dalam pembelajaran diantaranya yaitu terkait dengan …
a. kedisiplinan
b. sumber belajar
c. strategi pembelajaran
d. tempat
Pembelajaran yang menggunakan model ‘blended learning’ dapat meningkatkan akses dan fleksibilitas peserta didik dalam memperoleh pengalaman belajar melalui …
a. memberi kebebasan kepada peserta didik untuk membuat jadwal belajar
b. memperluas jangkauan sumber belajar tidak terbatas pada ruang kelas
c. memfasilitasi peserta didik untuk dapat berdiskusi secara online
d. kegiatan belajar yang dapat didesain menjadi lebih menarik dan interaktif.
Berikut yang merupakan salah satu karakteristik dari model blended learning adalah ....
a. adanya gabungan berbagai strategi dan gaya pembelajaran
b. guru memiliki peran yang dominan selama kegiatan pembelajaran
c. siswa wajib menggunakan komputer selama kegiatan pembelajaran
d. seluruh kegiatan diskusi dilaksanakan melalui sistem online
Berikut yang merupakan model kelas dalam blended learning yang termasuk dalam kategori model rotasi (rotation model) yaitu …
a. model kelas flipped (flipped classroom)
b. model kelas self-blend
c. model kelas flex
d. model kelas enriched-virtual
Model kelas yang sering digunakan dalam pembelajaran blended learning pada sekolah yang peserta didiknya tidak banyak mempunyai perangkat seperti tablet dan laptop adalah …
a. model self-blend
b. model kelas station rotation
c. model kelas flex
d. model kelas flipped (flipped classroom)
Karakteristik dari model kelas flipped (flipped classroom) yaitu …
a. siswa dapat mengambil kegiatan pembelajaran online sebagai tambahan dari kegiatan pembelajaran tatap muka yang telah dilakukan.
b. siswa mendapatkan jadwal yang telah disesuaikan dengan masingmasing individual untuk dapat belajar secara mandiri.
c. siswa dapat berdiskusi langsung dengan guru secara online ketika menemui permasalahan dalam pembelajaran
d. siswa mendapatkan mendapatkan pengajaran secara langsung melalui sistem secara online sebelum kelas dimulai.
Pembelajaran yang menggunakan model blended learning dapat memungkinkan guru untuk mengarahkan pembelajaran fokus sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik secara individual. Hal ini dikarenakan …
a. model blended learning mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam kegiatan pembelajaran
b. model blended learning mempunyai banyak ragam variasi model kelas yang dapat dipilih untuk menerapkan kegiatan pembelajaran
c. model blended learning memungkinkan guru untuk mengetahui kebutuhan belajar peserta didik melalui aktifitas pembelajaran online.
d. model blended learning memiliki sesi pembelajaran online yang dapat memfasilitasi peserta didik untuk dapat belajar kapanpun dan dimanapun.
Komponen penting yang harus diperhatikan dalam merancang dan mengembangkan aktifitas pembelajaran dengan model blended learning, diantaranya adalah …
a. materi pembelajaran
b. standar capaian
c. karakteristik siswa
d. interaksi antar siswa
Guru dapat mengevaluasi kegiatan pembelajaran blended learning yang telah dilakukan salah satunya melalui …
a. hasil belajar siswa selama sesi pembelajaran
b. ketersediaan media berbasis teknologi
c. presentase kehadiran siswa dalam sesi pembelajaran
d. pendampingan orangtua dalam sesi pembelajaran online
TUGAS AKHIR
Untuk memperdalam pemahaman Anda terhadap materi dalam modul 3 KB 1 sampai dengan KB 4, kerjakanlah tugas terstruktur berikut ini!
a. Seorang guru SD menyelenggarakan pembelajaran STEAM dimana siswa diberikan masalah untuk dipecahkan secara berkelompok. Masalah yang harus dipecahkan siswa adalah bagaimana tiap kelompok dapat membentuk 3 (tiga) struktur bangunan apa saja yang mampu menyanggah sebuah bola basket. Siswa dibekali peralatan seperti karet gelang, lidi, dan koran dengan jumlah yang sama antar kelompok. Selain membentuk struktur bangunan, siswa harus melakukan uji coba ketiga struktur yang telah dibuat untuk mengetahui daya tahan saat menyangga bola basket dalam waktu tertentu. Sebagian besar siswa terlihat antusias untuk memecahkan permasalahan yang diberikan oleh guru, tetapi ada beberapa kelompok siswa yang terlihat tidak memiliki minat atau tidak memiliki kepercayaan bahwa masalah tersebut bisa dipecahkan. Menurut Anda, bagaimana agar siswa yang tidak berminat menjadi berminat dan mampu menyelesaikan masalah dengan baik?
b. Penting sekali setiap guru memiliki rancangan dokumen pembelajaran STEAM sebelum ia melaksanakan pembelajaran. Buatlah desain pembelajaran STEAM menggunakan model Project Based Learning (Pembelajaran Berpusat pada Masalah), berdasarkan level pendidikan yang menjadi tanggung jawab Saudara dalam menyelenggarakan pembelajaran.
c. Coba Anda lakukan identifikasi terkait ragam model “blended learning” yang memungkinkan dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah Anda.
d. Coba Anda lakukan identifikasi terkait ragam platform atau aplikasi yang dapat digunakan untuk mendukung model pembelajaran blended learning di sekolahmu?
Pembahasan TES SUMATIF Modul 3
Salah satu tujuan pengintegrasian pembelajaran dengan pendekatan STEAM, diharapkan agar peserta didik dapat....
a. melaksanakan teknik STEAM secara terpisah-pisah
b. melakukan perbandingan antar budaya superior
c. memiliki kompetensi menjadi sales penjualan
d. memiliki kesiapan terjun dalam dunia kerja mendatang
Berikut ini merupakan contoh prinsip pembelajaran STEAM yang berupa prinsip pengulangan, yaitu ....
a. peserta didik diberikan latihan soal STEAM
b. peserta didik diminta berpikir secara induktif
c. peserta didik disadarkan untuk termotivasi
d. peserta didik diperlihatkan contoh dan non contoh
Berikut merupakan fase yang harusnya terjadi setelah fase membimbing penyelidikan individu dan kelompok dalam problem based learning STEAM....
a. orientasi peserta didik terhadap masalah
b. mengembangkan dan menyajikan hasil karya
c. mengorganisasikan peserta didik
d. memberikan motivasi kepada peserta didik
Pembelajaran berbasis projek pada pendekatan STEAM memungkinkan peserta didik untuk ....
a. menyelesaikan masalah yang mudah-mudah saja
b. melakukan kunjungan wisata secara bebas
c. meneliti keberhasilan rancangan produk
d. melakukan kerja individual untuk memecahkan masalah
Suatu kegiatan pembelajaran menggunakan waktu tanpa istirahat 3 x 45 menit, sehingga guru berfikir perlunya kegiatan relaksasasi ditengah pembelajaran berlangsung. Kegiatan relaksasi berikut mana yang paling cocok untuk mengoptimalkan kembali kerja otak ....
a. Bernyanyi bersama dengan keras.
b. Berlari mengelilingi halaman sekolah.
c. Bersantai sambil makan-makan.
d. Gerak pelenturan anggota tubuh.
Ketika suatu kegiatan pembelajaran berlangsung lama di dalam kelas, kegiatan relaksasi lebih baik lakukan minimal setiap pembelajaran telah berlangsung selama ....
a. 80 menit
b. 90 menit
c. 100 menit
d. 110 menit
Di bawah ini yang merupakan alasan utama, bahwa pembelajaran sebaiknya menggunakan bentuk aktivitas yang bervariasi, adalah ....
a. Belahan otak kanan dan kiri kita mengalami siklus efisiensi secara bergantian.
b. Peserta didik akan cepat mengantuk ketika pembelajaran monoton dan membosankan.
c. Otak peserta didik akan mengalami ketegangan, jika kegiatan pembelajaran sangat monoton.
d. Pembelajaran yang monoton memperlihatkan rendahnya kreativitas guru mengelola kelas.
Menurut prinsip pembelajaran berbasis neurosains, pembelajaran akan lebih optimal apabila mampu mengembangkan belahan otak kanan dan kiri secara seimbang. Diantara implikasi prinsip tersebut terhadap profil guru saat mengajar di kelas adalah ....
a. Guru harus berpenampilan sopan, santun, rapi, menarik, murah senyum, dan tidak gampang marah
b. Guru harus inspiratif, berfikir sistematis, pandai membuat joke yang edukatif dan memotivasi.
c. Guru harus canggih, kritis, interaktif, dan selalu rasional dalam menjelaskan materi pelajaran.
d. Guru harus mampu melakukan stand up comedy dan mampu membuat semua peserta didik ketawa.
Berdasarkan uraian berikut, manakah yang merupakan implementasi dari model kelas lab rotation adalah ...
a. Terdapat beberapa tempat atau perhentian (station) dimana peserta didik dapat menempatinya secara bergiliran sesuai dengan kesepakatan atau arahan dari guru.
b. Peserta didik akan diatur untuk berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain. Salah satu ruangan digunakan untuk sesi pembelajaran secara online sedangkan ruangan yang lain digunakan untuk kegiatan yang lainnya.
c. Peserta didik memulai kelas, mereka akan mendapatkan pengajaran secara langsung secara online. Sehingga ketika kelas dimulai, peserta didik dapat mulai mengerjakan dan menyelesaikan tugasnya melalui kegiatan diskusi dikelas.
d. Pembelajaran online dirancang untuk dapat diakses baik di lingkungan sekolah (cyber lounge) maupun di tempat lainnya. Guru yang memfasilitasi pembelajaran online adalah guru yang juga mengajar pada sesi pembelajaran tatap muka.
Bagaimana peran teknologi dalam aktifitas pembelajaran yang menggunakan model blended learning?
a. Sebagai alat untuk memotivasi dan menarik perhatian peserta didik saat pembelajaran berlangsung
b. Sebagai sarana penyeimbang interaksi antara pembelajaran online dengan pembelajaran tatap muka.
c. Sebagai media yang dapat membantu guru dalam menyampaikan pesan saat pembelajaran di kelas.
d. Sebagai sarana komunikasi antara guru, peserta didik, dan orangtua dalam proses pembelajaran.
Keuntungan apa yang ditawarkan oleh model blended learning melalui penggabungan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online?
a. Dapat menerapkan berbagai macam pilihan strategi pembelajaran sehingga kualitas belajar siswa meningkat.
b. Dapat meningkatkan minat belajar peserta didik sehingga tingkat kehadiran dikelas menjadi lebih baik.
c. Menyediakan beberapa pilihan model kelas yang dapat dipakai oleh guru dalam menyusun kegiatan pembelajaram.
d. Memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk memilih sistem pembelajaran online atau tatap muka.
Bagaimana cara yang dapat digunakan guru dalam mengevaluasi model blended learning saat kegiatan pembelajaran telah berakhir?
a. Melalui evaluasi yang diberikan oleh pihak eksternal seperti orangtua peserta didik dna kepala sekolah.
b. Melalui lembar pengamatan aktifitas peserta didik selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
c. Melalui data kehadiran peserta didik baik dalam sesi pembelajaran online maupum pembelajaran tatap muka.
d. Melalui data hasil belajar, penilaian kinerja, serta komentar dari peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran.
Dengan semakin banyaknya situs komunikasi dalam media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan myspace membuat komunikasi dan saling bertukar informasi semakin mudah. Perkembangan digital ini menuntut baik pendidik dan peserta didik bukan hanya mampu mencari dan memanfaatkan informasi saja, melainkan juga mampu menciptakan (create) informasi di internet. Potensi pemanfaatan pembelajaran digital tersebut, termasuk dalam kategori ….
a. potensi akses informasi
b. potensi alat komunikasi
c. potensi pendidikan dan pembelajaran
d. potensi pemanfaatan informasi
Hasil analisis kondisi pembelajaran menunjukkan, semua siswa memiliki handphone, kompetisi dan kerjasama tim rendah, guru perlu memberikan umpan balik yang cepat dan spesifik pada siswa terutama dalam penyelesaian tugasnya, siswa perlu aktivitas pembelajaran yang menyenangkan dan memahami betul tujuan yang akan dicapai, dan semua siswanya menyukai tantangan. Berdasarkan hasil analisis tersebut, guru sebaiknya menerapkan pembelajaran dengan menggunakan ....
a. Mobile learning
b. Games based learning
c. Cloud computing
d. Social media
e. E-learning